Kamis, 01 Januari 2015

Buah Hitam yang Kaya Vitamin



Hidup tak sehat

Perilaku hidup tidak sehat mau tak mau mengundang beberapa penyakit untuk tinggal di dalam tubuh kita. Salah satu penyakit yang paling menakutkan hingga kini adalah kanker. Penyakit satu ini memang belum ditemukan obatnya dalam dunia kesehatan. Alasan ini pulalah yang akhirnya menuntun para pasien untuk mencari pengobatan alternatif lainnya. Belakangan, kandungan kulit manggis dilirik sebagai pengobatan alternatif yang manjur untuk mengantisipasi dampak kanker itu sendiri.

Lalu, benarkah kulit buah manggis memiliki manfaat yang sebegitu besar bagi kesehatan manusia? Jawabannya tentu tidak bisa asal-asalan saja, karena harus ada penelitian ilmiah terkait hal tersebut. Mengapa harus diuji terlebih dahulu agar kita bisa mengkonsumsinya? Tentu saja untuk menghindari adanya zat beracun yang masuk ke dalam tubuh ketika proses pengolahan tidak benar. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba mengolahnya sendiri, harus sudah sadar akan beberapa zat racun dalam kulit manggis.


Kandungan kulit manggis
Anda pastinya ingin tahu, apa saja kandungan kulit manggis bagi kesehatan dan pengobatan. Berikut penjabaran dari masing-masing kandungan yang telah diuji oleh para ahli.

·       Xanthone
Xanthone merupakan komponen aktif yang paling utama dari buah manggis. Bisa dikatakan bahwa xanthone menjadi senyawa dominan yang terkandung di kulit buah manggis. Senyawa ini sendiri adalah sejenis polifenol yang memiliki struktur mirip dengan bioflavonoids. Kegunaan kulit manggis satu ini juga ditemukan sebagai biologis aktif. Berdasarkan penelitian, telah ditemukan hampir 200 jenis xanthone yang terdapat 2 keluarga tanaman saja. 40 diantara jenisnya ini terkandung di dalam kulit manggis. Xanthone sendiri ternyata sangat bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti alergi. Beberapa kandungan turunannya juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan meregenarasi sel-sel mati.

·       Vitamin B kompleks
Bila Anda salah satu yang sering merasakan dampak dari kekurangan vitamin B, ekstrak kulit manggis menjadi solusi paling tepat. Setidaknya kulit manggis mengandung thiamin, niacin dan folat sebagai bagian dari vitamin B kompleks. Kandungan vitamin satu ini nantinya berperan aktif sebagai kofaktor di dalam sistem metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin B kompleks juga mampu meningkatkan kemampuan otak. Tak hanya itu, vitamin ini menghindarkan Anda dari gejala kekurangan gizi dan permasalahan pencernaan lainnya.

·       Vitamin C
Mengkonsumsi buah manggis memang terbukti mampu memenuhi kebutuhan akan vitamin C. Vitamin satu ini sangat berperan aktif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan tubuh akan vitamin C akan terpenuhi sebesar 12% dalam setiap 100 gram. Hasil penelitian membuktikan bahwa kandungan kulit manggis beserta dagingnya ini sangat ampuh sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan merupakan anti kanker yang tidak ada tandingannya. Anda pun akan lebih kebal terhadap virus penyakit seperti flu dan pilek.

·       Rendah kalori
Buat Anda yang ingin berdiet alami, buah manggis bisa menjadi salah satu buah andalan. Tak hanya khasiat kulit manggis yang terbukti dahsyat, isinya pun lezat untuk diolah menjadi jus ataupun dikonsumsi secara langsung. Setidaknya buah manggis mengandung 63 kalori dalam 100 gram takaran saji. Buah manggis ini sama sekali tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Anda pun bisa sekaligus memenuhi kebutuhan serat sebanyak 13 gram di dalam 100 gram buah manggis. Ibarat kata, sekali dayung dua tiga pulau terlampau. Berdiet sembari menjaga kesehatan tubuh tak ada salahnya bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar