Kamis, 01 Januari 2015

Cara Mengolah Kulit Manggis yang Menyehatkan



Aman dan menyehatkan

Belakangan ini, kulit manggis mendapatkan perhatian khusus dari berbagai kalangan. Kandungan kulit manggis yang sangat berlimpah, mau tak mau mengundang siapapun untuk mengkonsumsinya. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak, baik yang sedang mengalami penyakit ataupun yang sehat. Tak salah memang, pasalnya obat herbal ini tidak memiliki efek samping yang mampu merusak. Hanya saja, bagi sebagian orang biasanya akan timbul alergi ringan.
Untuk Anda yang telaten mengolah kulit buah manggis, mungkin tak ada salahnya memang mengolah sendiri. Tapi ingat, jangan sedikitpun melewatkan satu langkah untuk menghilangkan zat racun yang terkandung di dalamnya. Pasalnya tak semua kandungan tersebut aman bagi kesehatan, masih ada kandungan yang merusak tubuh. Oleh karena itu, memang ada baiknya memang mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Selain lebih aman, tentu lebih praktis ketika Anda ingin mengkonsumsinya.
Kalau sudah tahu kandungan dan khasiat kulit manggis, jangan berpikir lagi untuk membuangnya. Tidak ada salahnya bukan mencoba cara herbal dalam penyembuhan berbagai penyakit. Selain murah, Anda pun tak harus merasakan efek samping di kemudian hari. Manfaat buah didapatkan, nikmatnya buah manggis pun bisa Anda nikmati. Ingat, jangan terlalu cepat putus asa ketika Anda mengkonsumsi ekstrak kulit manggis seperti ini.



Cara mengolah kulit manggis
Kali ini, kita mencoba memberikan tahapan mudah untuk mengolah kulit buah manggis. Setidaknya, langkah-langkah berikut bisa Anda praktekkan di rumah.
·       Mengobati mencret
Bagi Anda yang tengah diserang mencret, ramuan kulit manggis bisa dimanfaatkan. Cara pengolahannya cukup sederhana, yaiut menggunakan 2 kulit manggis yang telah matang. Cuci bersih kulit manggis tersebut dan potong-potong untuk lebih mudah mengambil kandungan kulit manggis tersebut. Rebus potongan kulit manggis yang dicampur bersama 3 gelas air putih. Tunggu hingga volume air tinggal 1/2nya. Setelah itu dinginkan air rebusan tersebut untuk disaring. Minum air rebusan kulit buah manggis ini bersama madu sebanyak 2 kali sehari. Usahakan Anda mengkonsumsinya ¾ gelas dalam sekali konsumsi.
·       Mengobati disentri
Hampir sama dengan pengobatan pada mencret, bedanya khasiat kulit manggis ini menggunakan lebih banyak air putih. Anda memerlukan setidaknya 4 gelas air dalam perebusan dan menunggunya hingga tinggal separuh. Lakukan penyaringan untuk membuang ampas dari kulit manggis tersebut. Konsumsi ¾ gelas dalam 2 kali sehari, bila perlu Anda boleh mencampurkan madu sebagai penghilang rasa getir.
·       Mengobati sariawan
Tak jauh berbeda dengan cara di atas, kegunaan kulit manggis dalam mengobati sariawan pun melewati tahapan yang sama. Anda harus menyiapkan 2 buah manggis yang telah matang sebelumnya. Cuci bersih kedua kulit manggis tersebut untuk dipotong-potong. Setelah itu, rebus bersama 3 gelas air hingga tinggal setengah bagian. Tunggu hingga air rebusan dingin untuk disaring, menghilangkan ampas yang tertinggal. Setelah itu, berkumurlah dengan ekstrak kulit manggis tersebut. Lakukan sebanyak 3 hingga 5 kali sehari dalam takaran 2 sendok makan.

Bila Anda ingin menghemat waktu, Anda bisa memblender kulit buah manggis hingga menjadi jus. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, usahakan untuk mengambil bagian dalamnya saja. Jangan sampai bagian terluar yang berwarna hitam juga ikutan terambil. Usahakan pula tidak mengenai getah dari kulit manggis tersebut, karena akan menimbulkan rasa pahit. Beberapa ahli bahkan mengatakan semakin banyak kulit yang digunakan akan semakin baik. Anda pun bisa menambahkan es batu, susu kental bahkan madu untuk memberikan rasa nikmatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar